Minggu, 08 Januari 2023

Nostalgia jajanan SD

 Haii teman dimbul☺. Kali ini kita akan membahas tentang jajanan - jajanan yang sering kali kita jumpai. Semua orang suka jajanan mulai dari orang dewasa sampai anak kecil. Apalagi anak kecil tidak lepas dari kata jajanan, sampai - sampai ibunya marah karena si anak minta uang terus untuk beli jajan. Okeeyy disini kita akan merekomendasikan jajanan SD yang sangat menggiurkan, simak baik-baik yaaaa☺☺

1.  Telur Gulung 


Ini dia jajanan SD yang belakangan ini kembali hits di kalangan anak muda. Telur gulung menjadi favorit anak-anak SD karena cara memasaknya yang menarik, dan rasanya lebih enak ketika ditambah saus di atasnya. Kalau di tempat aku sih harganya 500 perak kalah ditempat kalian berapa?. Ada yang masih ingat harganya?


2.  Cimol 

Cimol alias aci "digemol" adalah makanan yang berasal dari Tanah Sunda, yang sering dijual di sekolah-sekolah. Harganya dahulu yang hanya Rp 100,- per cimolnya, bikin banyak anak membelinya dalam jumlah banyak. Selain rasanya yang gurih, taburan serbuk cabai yang ada di atas gerobak penjualnya membuat cimol ini makin enak dimakan saat panas-panas.


3.  Cilok

Mirip dengan cimol, cilok juga merupakan makanan khas Jawa Barat yang selalu dijual di sekolah-sekolah. Bedanya, jika cimol digoreng dan dijual dalam keadaan kering, cilok dijual dalam keadaan basah dengan lumeran saos racikannya. Kamu bisa makan langsung dengan wadah plastik, atau menggunakan tusukan dari bambu untuk memudahkan saat memakannya.


4. Mie lidi 



Mie Lidi atau lidi-lidian adalah makanan yang berasal dari tepung terigu dan tepung sagu yang dibentuk menyerupai sapu lidi, dan ditaburi bubuk cabai atau sekadar garam untuk menciptakan rasa asin dan gurih. Waktu sekolah, pasti kamu suka kan makan lidi-lidian? Ayo, ngaku!


5. Rambut Nenek



Gulali Rambut Nenek? Ada-ada saja ya namanya. Tapi memang begitu guys, orang-orang menyebut makanan manis yang warna dan tampilannya mirip rambut nenek-nenek yang sudah beruban. Kamu bisa bayangin nggak nih gimana cara membuatnya?

6. Telur dadar mini 


Telur dadar mini selalu diburu dan menjadi jajanan favorit karena dahulu harganya sangat murah, hanya Rp 50,- per cetakan mininya. Selain itu, kamu bisa meminjam pengait yang digunakan penjualnya, untuk membalik telur pesananmu sendiri.

7. Gulai lolipop 



Jaman SD memang banyak sekali ya jajanan manisnya. Untung, manisnya ini alami tanpa menggunakan pemanis buatan. Seperti gulali lolipop yang dibuat oleh tangan penjualnya yang lihai dalam membuat bentuk-bentuk unik. Dulu kamu suka yang bentuk apa nih guys?


8. Leker 



Crepes? Bukan guys, ini leker yang masih sering di jual di sekitar rumah atau di sekolah-sekolah. Teksturnya yang tipis dan garing, serta isiannya yang berupa cokelat meses, keju serut dan pisang ini memang enak dijadikan makanan ringan. Kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho di rumah! 


9. Es gabus 



Siapa sih yang belum pernah cobain es gabus ini? Generasi 90an pasti ingat deh es yang disajikan warna-warni yang teksturnya unik ini. Rasanya yang tidak terlalu manis, dan menggunakan pewarna makanan alami membuatnya sangat aman untuk dikonsumsi.


10. Es serut



Warnanya yang menarik ini sering disebut-sebut menggunakan pewarna makanan yang tidak baik untuk tubuh. Tapi ternyata, es serut yang biasa dijual di halaman depan sekolah ini terbuat dari sirup coco pandan yang aman dikonsumsi anak-anak. Cara membuatnya juga terbilang unik, karena menggunakan es balok yang diserut, dan dicetak menggunakan cetakan yang berasal dari batok kelapa. Kamu suka sirup rasa apa nih gengs?







0 komentar:

Posting Komentar