Senin, 09 Januari 2023

Puncak Keindahan

 Bagi pendaki pemula, memilih gunung yang tepat untuk didaki amatlah penting. Selain untuk melatih kemampuan dan performa, memilih gunung dengan jalur yang mudah juga akan menentukan aspek keselamatan. Pendaki pemula memang paling rentan terkena cedera dan hipotermia apabila tidak siap dengan kondisi alam yang akan dihadapi. Kemenparekraf merekomendasikan beberapa gunung dengan rute pendakian yang pas untuk pemula dengan pemandangan memukau di puncaknya.

1. Gunung Prau

Prau adalah salah satu gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Gunung dengan pemandangan indah ini berada di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Patak Banteng, Jawa Tengah. Gunung Prau memiliki tinggi mencapai 2.565 mdpl (meter di atas permukaan laut) sehingga direkomendasikan sebagai tempat melihat golden sunrise. Jalur menuju puncak Gunung Prau berupa tanah dan menanjak, jadi kamu harus ekstra hati-hati, ya.

2. Gunung Gede

Selanjutnya, Gunung Gede adalah salah satu rekomendasi gunung di Pulau Jawa yang tepat untuk dijelajahi pemula.

Gunung sejuta umat yang populer ini berada di Jawa Barat, tepatnya Bogor serta termasuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Gunung ini terkenal dengan keindahan hamparan padang Bunga Edelweis dan ketinggiannya mencapai 2.958 mdpl.

3. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terletak di Garut, Jawa Barat, serta berketinggian 2.265 mdpl.

Gunung yang terletak di Garut ini cocok bagi pendaki pemula maupun profesional.

Selama perjalanan menuju puncaknya, kamu akan menyaksikan pemandangan kawah-kawah belerang, yaitu Kawah Baru, Nangklak, Manuk, dan Mas.

4. Gunung Nglanggeran

Nglanggeran adalah salah satu gunung di Jogja untuk pendaki pemula.

Medannya cenderung landai serta memiliki ketinggian 700 mdpl.

Selain itu, sudah tersedia tangga-tangga kayu dan tali yang akan membantu kamu ketika menemukan medan yang licin.

5. Gunung Andong

Gunung Andong terletak di Magelang, Jawa Tengah. Selama perjalanan, kamu akan ditemani jalur pendakian yang dilengkapi sejumlah papan petunjuk sehingga tidak perlu takut tersesat. Jika berkunjung ke Puncak Andong, jangan lupa untuk bermalam supaya kamu bisa menikmati pemandangan sunrise yang cantik.

Gunung andong cocok untuk para pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung dengan kondisi alam yang masih alami.

6. Gunung Ijen

Gunung Ijen menjadi salah satu rekomendasi gunung di Pulau Jawa untuk pendaki pemula.

Gunung Ijen menjadi salah satu rekomendasi gunung di Pulau Jawa untuk pendaki pemula. Nah, kamu bisa menyaksikan panorama blue fire pada gunung yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur ini. Gunung berketinggian 2.443 mdpl ini memiliki beberapa titik trek berpasir dan cukup curam sehingga kamu perlu berhati-hati dalam proses pendakian.

7. Gunung Penanggungan



Gunung Penanggungan sering disebut sebagai miniatur Semeru. Oleh karena itu, sebelum mendaki Gunung Semeru, ada baiknya kamu berlatih terlebih dahulu dengan mendaki Gunung Penanggungan. Pendakian ke puncaknya membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Selain itu, ketinggiannya mencapai 1.653 mdpl dengan kemiringan 65 derajat.

8. Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di Provinsi Jawa Timur, serta berada di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Malang, dan Probolinggo.

Gunung Bromo terletak di Provinsi Jawa Timur, serta berada di empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Malang, dan Probolinggo.

Selain itu, gunung yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Jawa Timur.

9. Gunung Lawu

Gunung Lawu termasuk sebagai gunung tertua di Pulau Jawa.

Jika tertarik mendaki gunung ini, kamu bisa menggunakan Jalur Cemoro Sewu yang menjadi favorit bagi pendaki pemula.

Jalur tersebut menyediakan berbagai fasilitas, misalnya toilet, warung, hingga shelter.

10. Gunung Panderman


Gunung Panderman terletak di kota Batu, Jawa Timur dan menjadi rekomendasi selanjutnya untuk pendaki yang minim pengalaman.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.045 mdpl dengan jalur yang cukup mulus dan landai.

Oleh karena itu, Gunung Panderman cocok untuk para pemula yang ingin mendaki tanpa perlu menghadapi rintangan yang terlalu sulit.




0 komentar:

Posting Komentar